Pengembangan Aplikasi Virtual Tour Untuk Promosi Wisata Budaya Provinsi Bali

ABSTRAK

Seiring perkembangan zaman, teknologi dapat memudahkan manusia untuk beraktifitas melihat berita dan mencari berbagai informasi yang beredar di dunia maya. Kemajuan teknologi saat ini memiliki banyak sekali dampak positif dalam kehiduan sehari-hari. Dampak positif perkembangan teknologi saat ini dapat memudahkan mencari informasi dan juga pada aspek pariwisata. Pada aspek wisata tentunya teknologi sangat bermanfaat untuk mengenalkan sebuah destinasi wisata agar dapat diketahui oleh seluruh wisatawan.

Berbicara tentang pariwisata di Indonesia, tidak baik jika tidak membahas Pulau Bali. Bali merupakan destinasi wisata yang terkenal sampai mancanegara. Terkini, Bali berada di rangking 5 besar dunia dalam hal pariwisata. Ada banyak wisata yang ditawarkan jika mengunjungi Bali, misalnya wisata pulau, wisata bawah laut, dan yang paling diminati yakni wisata budaya. Budaya menjadi identitas Bali dalam menarik wisatawan domestik maupun mancanegara yang akan berkunjung ke Bali. Dalam promosi wisata tersebut, masyarakat Bali sangat bergantung sekali dengan teknologi misalkan menggunakan web untuk mempromosikan Bali dengan menyediakan gambar-gambar dan video 2 dimensi.

Pengembangan aplikasi Virtual Tour merupakan salah satu usaha baru untuk mempromosikan atau memperkenalkan wisata Bali dengan teknologi baru. Ketertarikan wisatawan dalam mengunjugi destinasi wisata salah satunya terletak pada cara dalam mempromosikan agar wisatawan tertarik dan datang untuk berlibur. Banyaknya wisatawan yang berkunjung ke sebuah destinasi wisata menjadi tolak ukur keberhasilan promosi wisata tersebut. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa aplikasi Virtual Tour untuk promosi wisata budaya di Provinsi Bali.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D dari Thiagarajan. Model pengembangan ini terdiri atas tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Tahap penelitian dan pengembangan dilaksanakan sampai tahap disseminate dengan publikasi artikel. Instrumen pengumpulan data berupa angket yang disebarkan kepada ahli wisata dan ahli media.

Kata Kunci : Virtual Tour, Promosi, Wisata Budaya

 [Download Jurnal]